1
Kegiatan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Kabupaten Ciamis, yang telah dilaksanakan selama lima hari, sejak tanggal 29 Oktober s/d 02 November 2016 di Lapang Sepak Bola Desa Sukanagara dan Lapang Kalapa sawit Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, resmi ditutup, Rabu tanggal 02 November 2016. 
Penutupan kegiatan tersebut, dilakukan langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka yang juga Bupati Ciamis, Drs. H. Iing Syam Arifin di aula balai Desa Sukanagara yang ditandai dengan pencabutan kapak dan penganggalan tanda peserta. Di hadapan para pramuka penggalang, Iing mengungkapkan rasa bangganya karena menjadi bagian dari Pramuka Kabupaten Ciamis.

Ia menambahkan, keberhasilan kali ini merupakan kebanggaan bagi para panitia penyelenggara, sehingga di harapkan makna Pramuka ini bisa menciptakan suatu jalan untuk terus meningkatkan tali persaudaraan, serta sebagai media pembentuk karakter dan budi pekerti anggota gerakan pramuka.
“Dengan berbagai aktivitasnya pramuka telah banyak membantu membina dan membentuk generasi muda di Kabupaten Ciamis. Saya yakin suatu saat akan hadir pemimpin Kabupaten Ciamis yang berasal dari pramuka,” kata Iing.
Iing mengaku yakin, para peserta pada lomba ini tidak sekedar mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan dan tidak sekedar berpakaian pramuka. Tetapi mereka mengikuti sebuah ajang penyeleksian yang terdiri dari kurang lebih 30 kegiatan untuk mengikuti lomba tahap selanjutnya.
Iing pun menilai kegiatan yang dilombakan akan menjadi pengalaman yang membanggakan. Apalagi bagi para anggota pramuka, mengikuti LT III merupakan kesempatan  langka.
Sebagaimana telah diketahui, bahwa kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 108 regu pramuka penggalang dari 27 utusan Kwarran se-Kabupaten Ciamis. Terdiri dari 54 penggalang putra dan 54 putri putri dari Tingkat SD/MI maupun SMP/MTs.
Adapun hasil kejuaraan dari kegiatan LT III Tingkat Kwarcab Ciamis, adalah sebagai berikut:
1. Juara LT III PA Tingkat SD/MI: Juara 1. Cijeungjing, Juara 2. Cihaurbeuti, Juara 3. Panawangan.
2. Juara LT III PI Tingkat SD/MI: Juara 1. Cijeungjing, Juara 2. Sindangkasih, Juara 3. Pamarican
3. Juara LT III PA Tingkat SMP/MTs: Juara 1. Rajadesa, Juara 2. Sukadana, Juara 3. Panumbangan.
4. Juara LT III PI Tingkat SMP/MTs: Juara 1. Sukadana, Juara 2. Cijeungjing, Juara 3. Rajadesa.
5. Kejuaraan Pentas Seni: Juara 1. Cimaragas, Juara 2. Cikoneng, Juara 3. Purwadadi
6. Kejuaraan K4 PA: Juara 1. Ciamis, Juara 2. Rajadesa, Juara 3. Panawangan.
7. Kejuaraan K4 PI: Juara 1. Panawangan, Juara 2. Sukadana, Juara 3. Cihaurbeuti.
8. Kejuaraan Karnaval: Juara 1. Rajadesa, Juara 2. Sukamantri, Juara 3. Sindangkasih.
9. Kontingen Terfavorit: Kecamatan Sukamantri. Selamat kepada Kontingen yang telah meraih juara di LT III tahun ini, khusus para peserta Penggalang Tingkat SMP/MTs yang menjadi Juara 1, mereka akan mewakili Pramuka Penggalang Kabupaten Ciamis, dalam kegiatan Lomba Tingkat (LT) IV Tingkat Provinsi Jawa Barat, semoga bisa berprestasi di LT IV.
Sementara itu untuk Kontingen Regu Cempaka MIN 12 Ciamis walaupun belum menyandang status juara hanya meraih peringkat ke 11, tetapi setidaknya bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari kegiatan LT III ini, semoga di tahun yang akan datang bisa meraih prestasi yang lebih tinggi.

Ka Kwarran Sukamantri saat menyerahkan kenang-kenangan kepada Ka Kwarcab Kab. Ciamis

Post a Comment

 
Top