0


Surat Al Insyirah atau ada yang biasa menyebut surat Alam Nasrah merupakan salah satu surat dalam Al Qur`an yang sangat baik untuk diamalkan. Terlebih surat ini tidak terlalu panjang serta mudah dihafal oleh kita. Untuk kita yang mengamalkan atau membaca surat Al Insyirah bukan hanya mendapat pahala, juga mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa. Surat Al Insyirah mempunyai keutamaan begitu banyak, salah satunya untuk kehidupan kita semua menjadi lebih baik.Tidak banyak yang mengetahui mengenai fadilah surat Al Insyirah. Tetapi, ada beberapa keutamaan yang dapat kita peroleh dengan membaca serta mengamalkan surat yang terdiri dari 8 ayat ini. Berikut ini 5 fadhilah dari mengamalkan surat Al Insyirah dalam kehidupan sehari-hari, mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya.:

1. Diberikan kelapangan dalam hidup.
Rasulullah saw. bersabda yang artinya “Barang siapa membaca surat Al Insyirah seperti ia mendatangi saya serta saya mengambil kesempatan maka menjadi suatu kelapangan dariku”.

Setiap umat manusia pastinya ingin diberikan kelapangan dalam hidupnya, seperti dalam berumah tangga, bersosial dengan sesama serta dalam pekerjaan, maka bacalah dan amalkanlah Surat Al Insyriah setiap hari.

2. Diberikan kemudahan dalam mencari rezeki.
Bacalah surat ini seusai melaksanakan Shalat Fardhu, seusai berzikir kepada Allah swt. Insya Allah akan dimudahkan semua urusan oleh Allah swt.

3. Akan Dilapangkan Hatinya
Berbagai masalah yang yang menimpa kita dapat membuat hati jadi sempit dan berputus asa. Oleh karena itu, untuk seorang yang beriman dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan surat ini saat tengah alami kesulitan. Dalam satu diantara ayatnya juga Allah berfirman, “Sesungguhnya bersama kesulitan ada keringanan." Oleh karena itu kita harus optimis bahwa Allah akan menolong hambaNya, apabila kita memperbaiki diri serta memohon kepadaNya.

4. Diberikan kekayaan yang melimpah.
Setiap manusia pasti mempunyai harapan untuk menjadi orang kaya, selain kita berusaha untuk mempunyai kekayaan yang melimpah dengan secara lahiriah, kita juga jangan lupa untuk selalu memohon kepa Allah swt. dengan salah satu upayanya yaitu kita mengamalkan dan mendawamkan membaca surat al-Insyirah ini. 

5. Dimudahkan Memperoleh Pekerjaan
Untuk yang kesusahan memperoleh pekerjaan, coba laksanakan shalat sunat mutlak dua rakaat. Bacaan surat di dalam shalat itu bebas sesuai sama yang kita bisa. Setelah shalat, bacalah surat Al Insyirah sebanyak huruf dari surat itu. Lalu mohonkanlah apa sebagai keinginan kita.

Demikianlah manfaat, fadhilah dan keutamaan dari mengamalkan surat Al Insyirah ini yang diambil dari berbagai sumber, mudah-mudahan kita bisa membaca dan mengamalkan surat al-Insyirah ini dengan ikhlas sepenuh hati, sehingga kita mendapat ridha Allah swt. aammiin.

Semoga bermanfaat...

Wallahu 'alam

Post a Comment

 
Top