0



Hari Pahlawan adalah Hari Peringatan yang dirayakan pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah dari Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia tehadap koloniaisme
Hal yang melatarbelakangi kejadian 10 November tersebut adalah karena peristiwa yang terjadi di hotel Yamato Surabaya. Adalah Mr Ploegman yang merupakan pimpinan masyarakat Belanda secara sengaja telah mengibarkan bendera Belanda di pucuk gedung hotel Yamato pada tanggal 19 September 1945. Hal itu yang akhirnya menyebabkan tentara milisi Indonesia murka, mereka menghabisi pasukan gabungan kecil milik Belanda dan Jepang demi merobek bagian biru dari bendera Belanda tersebut.
Gencatan senjata antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda pun tak terhindarkan. Akan tetapi setelah ketegangan berhasil diredam, kedua belah pihak pun akhirnya setuju untuk membuat perjanjian pada tanggal 29 Oktober. Meski perjanjian perdamaian telah ditandatangani, namun tetap saja bentrokan antara pasukan inggris dan Indonesia tak dapat dihindarkan. Bentrok yang terjadi tersebut mengalami puncak saat Jendral Mallaby yang merupakan tentara Inggris yang memimpin untuk Jawa Timur dikabarkan terbunuh pada 30 Oktober 1945.
Pasukan Indonesia dipandang sebagai tentara berani mati karena itu pihak inggris tidak boleh menganggap remeh, hasil di pertempuran tersebut menewaskan kurang lebih 6.000 – 16.000 tentara serta 200.000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Makna yang terkandung dari peristiwa itu, mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia dan bisa mengambil hikmah dari peristiwa 10 november ini sehingga tetap berjuang tanpa rasa takut dalam membela kebenaran.


Post a Comment

 
Top